Cara ikut kontes 99design dan cara menang kontes 99design





linkdesain.com , 99desain adalah marketplace untuk pekerjaan desain terbesar didunia, ada ribuan kontes berlangsung tiap harinya di 99d yang di selenggaraan oleh Contest Holder alias pembuat kontes / pemegang kontes dari berbagai belahan dunia yang mempercayakan proyek mereka ke designer-designer di 99d. Dan ada jutaan designer yang bergabung di 99d dan sejauh pengamatan saya mungkin sekitar 50% designer yang ada di 99d adalah orang Indonesia, yup jangan heran jika kita ikut kontes di 99d dan nama-nama dengan bahasa indonesia mendominasi di kontes tersebut karena emang sebagian besar designer disini berasal dari indonesia, bahkan logo 99d saat ini juga di buat oleh orang indonesia juga, belum lama ini (ketika artikel ini ditulis) 99d mengadakan mega kontes untuk logo baru mereka yang berhadiah $3000 atau lebih dari 30jt dan kontes tersebut dimenangkan oleh designer dari magelang.

Bagaimana ikut kontes di 99design atau yang sering kita sebut dengan 99d ?
Caranya tentu saja kamu harus mendaftar di 99designs.com kemudian pilih sign up dan isi semua fieldnya, sama seperti membuat email bahkan lebih mudah.

Bagaimana cara kerja di 99d?
Cara kerja di 99d cukup sederhana, pertama CH membuat kontes misal logo untuk perusahaanya, designer yang tertarik bisa mengikuti kontes tsb dengan mengirim desainnya dalam bentuk JPG atau PNG, kontes berlangsung selama 6hari , dimana 3 hari untuk babak qualifikasi dan 3hari untuk babak final, dan setelah pemenang dipilih tahap berikutnya adalah Handover atau pemenang kontes menyerahkan hasil akhir desain berupa file EPS (CMYK & RGB) dan jpg. Dalam babak kualifikasi designer harus berlomba-lomba menunjukan desain terbaik mereka , walaupun bnyak juga yang curang seperti copy paste atau ngetrace dari logo yang sudah ada, multi akun, ngeklaim konsep designer lain , bajak-mebajak desain dll,  yang penting pinter-pinter atur strategi dan kalau ada yang curang report saja ke tim 99desain. Sedangkan tahap finalist adalah dimana CH akan memilih maksimal 6 designer terpilih untuk melanjutkan persaingan mereka di kontes.




Berapa prize yang bakal kamu dapatkan jika menang ngontes di 99d?
Untuk kontes yang paling populer sendiri di 99d adalah kategori logo design dengan minimal prize yang bakal kamu dapat adalah $190 atau sekitar 2,5 jt , jadi sekurang-kurangnya kamu udah dapat 2,5 jt jika memenangkan 1 kontes dalam 1 bulan , 1bulan cukup menang 1 kontes aja kamu sudah mendapatkan penghasilan yang hampir sama atau mungkin lebih dari umr di kotamu  :D dan untuk membuat 1 desen logo biasanya kita bisa menyelesaikannya dalam waktu hitungan menit, perlu diingat ini sifatnya spekulasi dalam artian dalam 1 bulan kamu belum tentu juga bisa memenangkan 1 kontespun, tapi asalkan fokus dan rutin peluang kita sangat besar untuk memenangkan 1 kontes saja. Kategori lainnya yang lebih bergengsi adalah kontes web desain, karena pengerjaan cukup rumit dan memakan waktu berjam-jam prize untuk 1 kontes desain web (tanpa koding) rata-rata prizenya  $1000 atau diatas 10juta .

Bagaimana caranya memenangkan kontes?
Memang untuk memenangkan kontes di 99d bukan hal yang mudah, selain kita harus tau keinginan CH kita juga harus membuat desain yang berkualitas dan memahami brief yang diberikan. Dan apabila desain kita mendapatkan respon yang baik segeralah membuat desain alternatif lainny yang mendekati dengan desain kita yang telah mendapatkan rating sampai mendapatkan rating sempurna.

Apa yang harus kita lakukan setelah memenangkan kontes?
Setelah memenangkan kontes berkutnya adalah proses handover dimana si pemenang menyerahkan semua file final berupa file vector EPS dan JPG atau PNG, dan merevisi sesuai permintaan CH (Jika ada revisi) dan file-file yang dibutuhkan CH (jika ada). Sebelum menerima  pembayaran/hadiah dari 99d jangan lupa untuk verifikasi ID (kartu identitas) verifikasi ID cuma sekali saja setelah kita mendaftar di 99d bisa sim atau ktp yang di scan. setelah kamu menyerahkan semua file akhir kamu tinggal menunggu respon dari CH untuk menga approve file akhir kamu, dan pembayaran akan masuk ke saldo 99d kamu.

Bagaimana kita mengambil uang hasil memenangkan kontes? 
Saldo yang telah terkumpul di akun kita bisa kita tarik ke rekening bank lokal atau istilahnya withdraw, karena ini sifatnya internasional tentu saja penghasilan yang kita dapat tidak dapat langsung ditransfer ke bank indonesia dan harus melalui perantara bank online seperti Paypal, Payoneer, atau Skrill. jadi kamu harus punya salah satu rekening/akun di bank online tsb, kalau saya sendiri menggunakan payoneer karena mudah dan cepat, untuk membuat rekening payoneer juga cukup mudah kamu bisa langsung signup ke sini . Dan untuk withdraw saldo di 99d sendiri bisa kamu lakukan kapanpun dan berapapun kamu mau withdraw, misal kita memenangkan kontes web desain $1500 jika kamu mau kamu bisa withdraw bertahap $300 tiap bulan selama 5bulan. ~hdr



Sumber : Klik disini

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.