Pengertian komputer dan bagian-bagiannya

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. 
Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. 
Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Sehingga Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "Sistim pengolah informasi"

Berikut ini bagian-bagian dari komputer :

1. MONITOR
Monitor adalah sebuah perangkat yang menampilkan informasi dalam bentuk visual, menggunakan teks dan grafis. Bagian dari monitor yang menampilkan informasi disebut layar.


ada dua tipe dasar monitor yang sering kita lihat/gunakan dalam kehidupan sehari-hari yakni :

- Monitor CRT (cathode ray tube). 
- Monitor LCD  (liquid crystal display)

Kedua jenis menghasilkan gambar yang tajam, akan tetapi LCD monitor memiliki beberapa keuntungan diantaranya lebih tipis dan ringan serta lebih terjangkau.

2. MOUSE

 
Mouse adalah perangkat kecil yang digunakan untuk menunjukkan dan memilih item pada layar komputer.

3. KEYBOARD
Keyboard digunakan terutama untuk mengetik teks ke komputer.
sama halnya dengan mesin tik, akan tetapi keyboard memiliki tombol khusus :
- Tombol fungsi, ditemukan pada baris atas, melakukan fungsi yang berbeda tergantung di mana mereka digunakan.- Tombol numerik, terletak di sisi kanan keyboard kebanyakan, memungkinkan Anda untuk memasukkan angka dengan cepat.- Tombol navigasi, seperti tombol panah, memungkinkan Anda untuk memindahkan posisi Anda dalam dokumen atau halaman web.

Speaker digunakan untuk memutar suara. memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik dan mendengar efek suara dari komputer.
5. CPU ( Central Processing Unit )
 
Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data. berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.

6. MOTHERBOARD
Motherboard adalah papan sirkuit yang mendasari yang memegang semua komponen komputer. 
Komponen komputer yang dimaksud  CPU, RAM, hard drive dan drive optik, plug ke motherboard. Hal ini memungkinkan komponen terpisah untuk berinteraksi satu sama lain untuk menciptakan mesin yang berfungsi penuh.

7. RAM ( Random Access Memory )
RAM adalah tempat penyimpanan data sementara.RAM sebagai penyangga antara hard drive dan unit pengolah pusat. Ketika file diminta untuk diproses, mereka mentransfer dari hard drive untuk memori. CPU kemudian memproses file tersebut dan menggantikannya dalam memori.
8. HARD DRIVE / HARDDISK DRIVE
Harddrive adalah sebuah komponen yang menyimpan data sekunder yang berisi piringan magnetis. Drive ini menggunakan kabel ramping, sambungan listrik yang lebih kecil, dan memiliki fungsi kinerja yang banyak  dan dapat mentransfer data lebih cepat. 
9. PROCESSOR
 
Processor adalah sebuah komponen / IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. 

10. POWER SUPPLY
power supply adalah sebuah komponen yang berguna sebagai sumber daya untuk komponen yang lain, terutama daya listrik.

11. FLASH DISK
Flashdisk juga merupakan sebuah komponen penyimpanan data yang paling digemari, karena ukurannya yang kecil memudahkan kita untuk membawanya kemana-mana
Sumber : Klik disini

 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.